“*-Ikhwan-*”

Ikhwan..
akrab dengan baju koko berlengan panjang..
berjanggut tipis selapis, berbaris…
eeiiitss!.. jangan pesimis…!

Ikhwan..
lagak bicara, sopan tentunya..
pandangan mata InsyaAllah terjaga..
kalau disapa, senyuman hiasannya..
nebelin muka bila bercanda (?)..
O…itu sudah biasa!..
tapi…antar ikhwan saja!..
(*ah.. enggak juga!*)

Ikhwan..
rajin ke masjid meski di siang bolong..
agenda kerja, Alhamdulillah belum pernah kosong..
tapi jangan ketawa dengar perutnya keroncong..
memang terbatas sih, dana di kantong…

Ikhwan..
penuh semangat menggebu-gebu..
segudang kegiatan InsyaAllah terpegang s’lalu..
urusan jaga hati-emosi, O… itu nomor satu!
dimana berada, tugas pasti menunggu..
semoga ikhlas kan slalu memandu..
asik juga sih, bisa tenar dengan begitu..
tapi…tetap TAWADHU’..
untuk tilawah dan hafalan, selalu ada waktu!..

Ikhwan..
paling enak buat dimintai tolong..
kerjanya kilat dan nggak banyak ‘cing-cong’..
tapi terkadang geraknya mesti di dorong-dorong..
waktu untuk makan katanya tidak boleh dipotong…

Duh..duh..ikhwan…
seringkali bikin heran..
kenapa kok doyan sekali makan..
padahal jarang-jarang ada kesempatan..
apalagi kalau musim ujian..
bisa-bisa begadang semalaman..
ya.. tentunya tanpa makan..

Ikhwan..
tegas,tegar,pendirian dan berazzam kukuh..
pada saatnya, bisa jadi gampang luluh..
pikirannya tajam, tak suka mengeluh..
tak mudah gentar, tak juga rapuh..
tawazun dalam khouf dan roja’…? InsyaAllah tentu , atuh!!!..

Ikhwan..
juga punya perasaan lembut halus..
wajahnya pancarkan ketenangan dan bukan tandus..
penuh ukuwah dan kasih sayang tulus..
pun ikhwan menangis karenaNya khusus!
(*ehhem..*)

Ikhwan..
juga manusia biasa..
kadang tertipu, kadang terlena..
kadang terjebak hal-hal yang fana..
kadang tak tahu harus bagaimana..
kalau sudah begini, mau salahkan siapa?..
(salahin.. mmhh akhwatnya !)

Tapi ikhwan..
BUKAN sembarangan!..
iman di dada jadi pegangan..
bertemu musuh pantang mundur ke belakang..
kendati nyawa jadi taruhan..
demi tegaknya Kalimatullahi-hiyal’Ulya di bumi Ar-Rahman..

Apapun kan dipersembahkan..
sbagai tanda cinta pada Tuhan..
disertai niat suci penuh keikhlasan..
menuju JanjiNya yang tiada pernah kan lekang..
menggapai cintaNya yang tiada pernah kan terbilang..
hingga Rahmat KESYAHIDAN datang menjelang ..
menutup petang…dalam bahagia yang panjang..

23 responses to this post.

  1. Posted by idris afandi 1e 0702262 on 23 April 2008 at 4:30 AM

    NAMA : IDRIS AFANDI
    KELAS : 1E
    NIM : 0702262
    KOMENTAR DARI SAYA UNTUK TUTORIAL UPI PURWAKARTA ADALAH SELAMA SAYA MENGIKUTI TUTORIAL INI ALHAMDULILLAH SAYA SEMAKIN MENGERTI TENTANG ISLAM LEBIH DALAM LAGI.
    SARAN SAYA MENGENAI TUTORIAL ADALAH SAYA BERHARAP TUTORIAL YANG SELANJUTNYA HARUS LEBIH BAIK DARI TAHUN SEKARANG.
    KRITIKNYA ADALAH UNTUK NARASUMBER DI HARAPKAN UNTUK MEMBAWAKAN TAUSIAH YANG LEBIH MENARIK LAGI.

  2. Posted by RAHMAWATI SALAMAH on 23 April 2008 at 4:41 AM

    NAMA : RAHMAWTI SALAMAH
    KELAS : 1E
    NIM : 0702394

    Komentar saya tentang tutorial adalah,hal yang paling saya suka dari tutorial adalah,saya bisa mendengarkan tausiah dari para narasumber untuk bisa menambah ilmu keislaman saya dan hal yang paling saya sukalagi dari tutorial adalah,MENTORING,karena dengan mentoring saya bisa bertanya dan share secara pribadi tentang masalah keimanan saya,dan keuntungan yang saya dapat dari mentoring adalah saya jadi tahu bahwa dalam islam tidak ada yang namanya pacaran,dan tidak ada pacaran dalam islam.
    saran:untuk pemateri,gimana jika narasumbernya orang yang dulunya sesat,terus menemukan jalan yang lurus di jalan allah
    nama:rahmawati salamah
    kelas:1e (0702394)

  3. Posted by meyta nurhidayah 0702283 1e on 23 April 2008 at 5:25 AM

    komentar saya :tutorial cukup baik akan tetapi tersa agak membosankan karena topik tausiah yang terlalu biasa dan tidak variatif,yang menyebabkan timbulnya kejenuhan bagi kita
    saran:untuk pemateri diharapkan membawakan tausiahnya dengan tema yang lebih variatif agar kami tidak menjadi bosan,

  4. Posted by fitriah hasanah 0702306 1e on 23 April 2008 at 5:44 AM

    komentar saya tentang tutorial upi pwk, jadwalnya tidak tetap jadi kami sebagai mahasiswa dan mahasiswi merasa tidak nyaman karena seringnya bentrok dg jadwl mentoring.Tentang panitia kurang kompak, seharusnya pada waktu kegiatan berlangsung panitia dapat berkumpul semuanya. Pemateri seharusnya dapat datang tepat waktu agar dapat mengefektifkan waktu.Materi yang disampaikan harus sesuai dengan kebutuhan kita sebagai mahasiswa, serta bahasa yang digunakan mudah dimengrti dan tidak membosankan (ngantuk). Oh iya saya lupa,saya mau tanya tentang kartu kehadiran yang waktu itu. Kenapa tidak digunakan lagi??? Affwan ya….. akhi or ukhti

  5. Posted by NIsa Nurfauziah on 24 April 2008 at 2:49 AM

    Nama : NISA NURFAUZIAH
    Kelas : 1b
    Nim : 0702165

    Assalamualaikum.Wr.Wb

    Menurut saya, tentang program tutorial di upi kampus purwakarta ini sangat bagus karena bisa menambah wawasan kita tentang agama.

    untuk panitia agar lebih dipersiapkan lagi dalam penyelenggaraan program tutorial ini dalam hal tempat, tema dan narasumber.

    cukup sekian……..

    wasalamuallaikum Wr Wb

  6. Posted by Ermulya 1d on 24 April 2008 at 3:00 AM

    Assalamualaikum wr.wb
    komentar saya tentang program tutorial, mennurut saya kegiatan tutorial cukup baik karena dengan kegiatan ini kita bisa memperdalam ilmu agama islam,
    Kritik dan saran saya yaitu kalaubisa dalam pelaksanaannya tepat waktu jangan sampai kaya jam karet
    kegiatan tutorial semoga lebih ditingkatkan kualitasnya
    wasalamualaikum wr.wb

  7. Posted by Winda Budiarti on 24 April 2008 at 3:28 AM

    Nama : Winda Budiarti
    Kelas : 1D
    Nim : 0702158

    komentar saya terhadap tugas yang diberikan tidak begitu sulit hanya saja pengerjaannya waktu yang diberikan untuk menyelesaikannya sangat sedikit. mudah-mudahan dengan tugas ini ditambah artikel islam dapat menambah pengetahuan tentang kajian islam di tutorial.

    kritik untuk tutorial : saya mengharapkan para penyaji agar lebih menarik lagi setiap tahunnya.

  8. Posted by Rahmat yuniar on 24 April 2008 at 3:33 AM

    Nama : Rahmat yuniar
    Kelas : 1A
    Nim : 0702206

    AsAlamualaikum wr wb

    komentar saya tentang tutorial cukup bagus karena bisa mnambah keimanan dan ketaqwaan kita.
    kritik nya harus nya tutorial itu diadakan nya jangan terlalu bentrok dengan tugas dan jadwal kuliah.

    cukup sekian

    Wasalamualaikum Wr Wb

  9. Posted by imas masruroh on 24 April 2008 at 4:24 AM

    asslmualaikum Wr Wb

    komentar saya tentang tutorial tutorial itu merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat karena dapat menambah wawasan saya tentang islam, apalagi di tambah dengan adanya mentoring.dan untuk pengurus tutorial mohon di sesuaikan lagi waktunya, dan materi yang di sajikan agar lebih menarik lagi.

    wasalamualaikum Wr Wb

  10. Posted by Erlin Rusmayanti on 24 April 2008 at 4:34 AM

    Assalamualikum Wr wb
    Komentar : Kegiatan tutorial itu sangat bagus untuk kegiatan rutinan keagamaan umat muslim.Apalagi didalam tutorial itu dasajikan materi-materi yang cukup baik untuk dakaji dalam islam karena itu untuk lebih memperbaiki akhlak seorang muslim dalam menjalankan ibadah Kepada Allah SWT.
    Kritik & saran: Untuk jadwal tutorial sebaiknya dipertimbangkan lagi atau disesuaikan dengan acara yang lainnya supaya semuanya bisa berjalan lancar ( tidak bentrok ), dan juga materi yang disajikan lebih banyak dan menarik supaya mahasiswa bisa lebih mau untuk berangkat mengikuti tutorial.

    cukup sekian komentar,kritik dan sarannya dari saya.
    Wasalamualaikum Wr Wb

  11. Posted by JAENAL ABIDIN on 25 April 2008 at 9:40 AM

    NAMA : JAENAL ABIDIN
    KELAS :1.C
    NIM :0702246

    assalamuallaikum wr.wb

    komentar saya tentang tutorial.
    emmmmmm gmn y!!!!
    menurut saya, tutorial tu pemateri-pematerinya harus yang asik-asik mksudnya suka becanda gt, jd mahasiswa banyak yg tida bosan dan ngantuk…
    saya juga kadang-kadang suka ngantuk.. hehehehe….
    tapi dalam penyampaian materi sudah cukup baik.
    dan untuk waktu atau jadwal tutorial itu harus tepat, jangan di telat-telat. soalnya kalau telat, mentoring jadi kesorean

    WASALAM

  12. Posted by IRMA NIRMALA on 25 April 2008 at 9:53 AM

    NAMA :IRMA NIRMALA
    NIM :0702183
    KELAS :1.A

    ASSALAMUALLAIKUM WR WB

    acara tutorial tu bagus sebagai media untuk membuat hahasiswa agar lebih mendapatkan pengarahan-pengarahan tentang islam.
    waktu pelaksanaan harus lebih konsekuen dan tdk di ubah-ubah.
    wassalamuallaikum

  13. Posted by AIDA NOVIANTI on 28 April 2008 at 5:08 AM

    as5…….
    menurut saya acara tutorial bagus BGT sbagai media untuk menaMbah wa2san dunia islam para remaja UPI cma………stiap mau mulai acara tutor suka banyak basa basi jadi suka ngaret+ngBTin,buang2 waktu jd pda ngbrol dech udh di dlm msjid’y,gtu………..
    ws5……..

  14. Posted by AIDA NOVIANTI on 28 April 2008 at 5:18 AM

    NAMA : AIDA NOVIANTI
    KELAS : IDhe
    NIM : 0702215

    AskuUm………

    mNurut sayA aCra tUt0r bgUs BGT sbAgAI mEdia u/ mNambah wA2saN dUniA isLam pRa rEmajA UPI,cmA………..stiAp maU muLai acaRa tUtor sUka bNyak bAsa~bSi jadi sUka ngarEt+ngBTin, bNyak wkTu y/ k’bUang trUz jd pdA ngbroL,gtUuUuUuU……….

    wAskUuUum………….

  15. Posted by SARI NURHAYATI on 28 April 2008 at 5:26 AM

    NAMA : SARI NURHAYATI
    KELAS : 1 D
    NIM : 0702212

    ASS……….
    Menurut saya acara tutorial cukup menarik, karena bisa menambah pengetahuan tentng dunia islam tp……..klo bisa jangan terlalu lama coz udah selesai tutorial sya langsung mentoring jadi nyampe rumahnya sore bgt.

    ws5…..

  16. Posted by DETI DESTIANASARI on 28 April 2008 at 5:31 AM

    NAMA : DETI DESTIANASARI
    KELAS : 1D
    NIM : 0702209

    AS5…..
    Menurut saya program tutorial itu bagus, kita bisa mengetahui agama islam lebih jauh lagi. tapi program ini kurang didukung oleh para mahasiswa kampuz ini. jadi lebih baik tutorial jangan diadakan terlalu lama, karena yang saya lihat dengan adanya tutorial menjadi beban bagi para mahasiswa. makasih

    ws5……

  17. Posted by DEUDEU APRILIANTI SISKA on 28 April 2008 at 5:37 AM

    NAMA : DEUDEU APRILIANTI SISKA
    KELAS : 1D
    NIM : 0701241

    AS5……….
    Menurut saya dengan diadakannya tutorial itu memang bagus karena bisa menambah pengetahuan kita mengenai islam. tapi disini kebanyakan mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini tanpa didasari keikhlasan malah terasa karena adnya paksaan. apalagi dengan adanya ancaman “siapapun yang tidak mengikuti tutor maka ia tidak akan LULUS”.

    WS5……….

  18. Posted by EKA PURWATININGSIH on 28 April 2008 at 5:42 AM

    NAMA : EKA PURWATININGSIH
    KELAS : 1D
    NIM : 0702350

    AS5……….
    Menurut saya baik untuk perkembangan psikis anak dalam zaman sekarang ini. tetapi dalam kegiatan ini harusnya diadakan sebuah permainan yang menarik agar suasana menjadi have fun dan tidak bosan.
    ws5………….

  19. Posted by HERLINA TAOFIK on 28 April 2008 at 5:48 AM

    NAMA : HERLINA TAOFIK
    KELAS : 1 D
    NIM : 0702140

    AS5……….
    Menurut saya dengan adanya kegiatan tutor ini cukup bagus karena kita bisa mengetahui tentang islam lebih dalam lagi. tapi, sebaiknya tidak dilaksanakan lama2 jadi cepat boring,ngantuk dech…..

    ws5………

  20. Posted by IRMAN YULIANA on 28 April 2008 at 5:58 AM

    NAMA : IRMAN YULIANA
    KELAS :1d

    AS5…..
    MENURUT SAYA TUTOR BAGUS SEBGAI SIRAMAN ROHANI MINGGUAN,,HEE…. TAPI KELAMAAN_MANA CAPE, LAPER, NGANTUK,BT WEH POKONA MAH

    WS5………

  21. Posted by ANDRIS HADIANSYAH on 28 April 2008 at 6:04 AM

    NAMA : ANDRIS HADIANSYAH
    KELAS : 1D
    NIM : 0702217

    as5………
    tutor bagus buat para remaja sebagai penegur klo kita hilaf,dengan adanya acara tutor kan kita jadi gk lupa ajaran2 islam yang nuntun hidup kita,gtu….. tapi kelamaan acaranya trus banyak buang waktu jadi kburu BT

    WS5………..

  22. Posted by riza ahmad 1A on 29 April 2008 at 2:06 AM

    Ass..
    menurut saya,kalau nanton bareng film jangan di mesjid,walaupun itu tentang film islami.. apalagi kemarin filmnya ayat-ayat cinta. karena tidak sopan di rumah tuhan!

  23. Posted by Hamim Hamdani j on 29 April 2008 at 3:34 AM

    Nama : Hamim hamdani j
    Kelas : 1.B
    Nim : 0702233

    Asallamualaikum Wr Wb

    Menurut saya kegiatan tutorial sangat bagus karena dapat menambah pengetahuan kita tentang islam dan sebagai penyejuk iman, cuma penyajiannya mesti di tingkatkan lagi supaya para mahasiswa mengikutinya ga bosen dan waktunya jangan terlalu lama karena pada jam jam tutor waktunya bobo siang jadi ngantuk.

    wasalam

Tinggalkan Balasan

