Panduan Tugas Tutorial

Assalamu’alaikum wr.wb

Afwan Untuk Teman-teman Mahasiswa baik akhwat maupun ikhwan, akan diperjelas lagi untuk panduan tugas tutorial.

Untuk Tugas Komentar, antum kirim komentar  dan saran ke blog ini :

https://tutorialupipurwakarta.wordpress.com/

http://tutorialupipwk.blogspot.com/ ( dialihkan kesini)

dan untuk artikel islami, antum kirim ke Email : …………………………………………….

dengan menyertakan Nama, NIM dan Kelas. kalau bisa kirim dalam bentuk Attachments (lampiran)

bagi temen-temen yang sudah mengirimkan artikel islami yang masuk ke blog, tetap kami terima. tapi, untuk selanjutnya diharapkan mengirimkan sesuai dengan panduan yang telah ditentukan.

Syukron Ala ikhtimamikum. ( terima kasih atas Perhatiannya)

Wassalamu’alaikum wr. wb

Iklan

29 responses to this post.

  1. Posted by rahmawati salamah 0702394 1e on 23 April 2008 at 5:17 AM

    komentar saya untuk tutorial,tutotial merupakan pengisian jiwa-jiwa yang hampa akan sentuhan islami,terutama pada mentoring yang telah dilaksanakan dari smst awal sampai sekarang,mentoring selain dapat membawa ketenangan dalam nurani ternyata dalam mentoring kita menjadi tau dari apa yang tidak kita tau dari islam itu sendiri.
    saran:untuk pemateri bagaimana jika pemateri berasal dari hamba allah yang telah sesat dan sekarang telah menemukan jalan kembali(hidup pada ajaran allah)yang berdasarkan al-Quran dan sunnah rasul.

  2. nama :puput agisti putriana
    kelas :1.B
    NIM :0702126

    komentar:
    kegiatan tutorial cukup bagus,sangat bagus malah.Tapi,kurang menarik.Terus juga jangan ‘ngaret’!!

    kritik:
    yaaaa….kalau bisa lebih menarik lagi dan lebih bagus lagi.untuk pengurus tutorialnya mungkin agak lebih kompak lagi,lebih bertanggung jawab lagi dan lebih tepat waktu.untuk materi yang diberikan,kalau bisa materinya yang lebih bagus dan menarik,juga yang up to date!.Dan untuk pematerinya jangan itu-itu saja,tiap kali pertemuan harus berbeda-beda.

    sarannya:
    para panitia harus bisa membuat kegiatan tutorial ini lebih menarik,tidak membosankan,dan dapat membuat para mahasiswa menjadi senang mengikuti kegitan tutorial ini.

  3. Tutorial cukup baik dalam berbagai hl, apalagi yang bertujuan untuk membentuk dan membina para kader muda, sehingga bertambah rasa keimanan dan ketakwaannya terhadap Allah swt.
    Kritik dan saran:
    Kurangnya disiplan para peserta tutorial sehingga acara menjadi ngaret.
    Nara sumber/pemateri:
    harus yang berwawasan luas dalam segala bidang, bukan hanya menyangkut tentang keagamaan saja. Selain itu juga harus cakap dalam berbahasa dan mampu membacaa para penyimk agar tidak ada rasa jenuh dan bosan. Contohnya, isi materi diselingi dengan hiburan seperti komedi atau simulasi.
    Nara sumber favorit:
    Agus Dwi Handoko, S.Pd

    NAMA :WIDYAWATI
    NIM :0701565
    KLS ;1b

  4. KOMENTAR:
    program Tutoriar merupakan program yang sangat bagus sebab tutorial merupakan program yang bertujuan untuk menambah keimanan khususnya keimanan mahasiswa UPI.
    pada awalnya saya merasa keberatan mengikuti tutorial yang diadakan pada hari minggu pagi, tapi sekarang saya baru menyadari kalau kegiatan ini sangat bermanfaat bagi diri saya untuk meningkatkan keimanan dan menambah pengetahuan keislaman saya.

    KRITIK :
    – Untuk pengurus tutorial, jika memberi tugas, kasih tahu kepada kami jangan mendadak.
    – Jika mengadakan kuliah duha jangan hari minggu.

    SARAN :
    – Untuk panitia tutorial, jika memberi tugas kasih kabar sebelum tugas itu d kumpulin
    -petugas tutorial tolong lebih tegas dalam menangani mahasiswa yang menitip absen kepada temannya, dan mahasiswa yang selalu main hp, game, dengerin musik saat kegiatan tutorial berlangsung
    – penceramahnya jangan terlalu serius, harus ada humornya agar suasana kuliah dzuhur tidak mengantuk.

  5. Posted by Siti setiawati on 24 April 2008 at 10:00 AM

    Siti setiawati
    0702179
    1A
    ass.wr.wb.
    Tutorial banyak memberi wawasan tentang islam, akan tetapi tidak sedikit mahasiswa yg jenuh.

  6. Posted by Sri Astuti Y on 24 April 2008 at 10:26 AM

    Sri Astuti Y
    0702109
    1A

    ass.
    Tutorial dpt menambah ilmu tntang keislaman. Akan tetapi suasana yang menjenuhkan membuat borring mahasiswa.untuk tutorial cukup 2smstr saja.

  7. Posted by rosini suryani 1D 0702153 on 27 April 2008 at 10:49 AM

    ass.
    pengurus tutorial kalau ngasih tugas jangan dadakan duong,kita kerepotan karena banyak tugas laen yang seabreg n ‘ kalo bsa mah mentoring gak usah ada lagi lah.kita sekarang lagi sibuk observasi.so mohon pngertiannya duonks…………………………………

  8. Posted by Frisca Riana Ritongga 1D 0702243 on 27 April 2008 at 11:00 AM

    ass…..
    komentar:
    program tutorial sangat baik untuk saya karena saya yang sebelumnya tidak tahu banyak tentang islam,sekarang jadi lumayan banyak tahu,saya senang dengan adanya mentoring dan kuliah zhuhur..
    Kritik:
    pengurus tutorial agar lebih menghormati aja deh,ya lebih ramah aja ya banyakin senyum,good luck lah buat beberapa pengurus tutorial
    Saran:
    program mentoring yang saya ikuti sangat menyenangkan,tetapi kalo bisa mah absennya jangan terlalu di wajibkan karena saya bentrok dengan mengajar,pengurus tutorial kalau ngasih tugas jangan mendadak aja….teruz dalam kuliah zhuhur pematerinya ada humornya duonks makasih

    wass..wr wb

  9. Posted by Indri Sugianti on 27 April 2008 at 11:05 AM

    Nama : Indri Sugianti
    Kelas:1D
    NIM : 0702336
    Ass….
    menurut saya program tutorial sangat baik karena dapat menambah pengetahuan yang belum saya ketahui.
    Kritik :
    kepada pengurus tutorial kalau bisa lebih ramah lagi,okkzzz……………!!!
    smile for all people…………..
    Saran :
    – kalau ngasih tugas jangan mendadak, coz bentrok sama tugas-tugas kuliah
    – absen lebih ketat lagi duoong, soalnya banyak oknum yang pada nitip absen……….!!!

  10. ass.tutorial dapat menambah pengetahuan tentang islam dan menambah keimanan kita kepada Allah swt.

  11. Posted by meli komara on 28 April 2008 at 4:44 AM

    komentar saya tentang tutorial dari dulu hingga
    nama:meli komara
    kls:I.E
    nim:0702390
    sekarang yaitu:
    1.acara atau program yang mempunyai tujuan yang bagus yaitu lebih mengislamkan orang islam.
    2.pengurusnya harus lebih dipertegas
    3.pemilihan anggota tutorial harus lebih selektif yang bisa memegang amanah dengan baik dan bisa bertanggung jawab juga serius didalamnya

  12. Posted by dewi convertiningsih on 28 April 2008 at 4:53 AM

    komentar saya tentang tutorial dari dulu hingga
    nama:dewi convetiningsih
    kls:I.E
    nim:070254
    sekarang yaitu:
    ass, acara tutorial cukup bagus programnya itu bisa merubah diri seseorang menjadi lebih baik lagi, tapi ini ga adil kenapa di tingkat 1 diwajibkan sekali pada tingkat duanya tidak, padahal banyak sekali tingkat 2 yang menyimpang perbuatannya kenapa tidak diwajibkan saja untuk di tingkat 2 nya agar mereka tidak merasa paling benar dibanding tingkat 1 wass

  13. Posted by edi nurhamdi on 28 April 2008 at 5:24 AM

    komentar:
    bagus..!!

    kritik:
    jadwal harus konsisten,jangan berubah mulu,kalo bisa mahasiswa yang nggak ikut aqsho jangan dianaktirikan,seperti materi misalnya.

    saran:
    kalo bisa pematerinya berganti,bisa dari mentor masing-masing kelompok,jadi mahasiswa bisa kenal mentor kelompok lain,supaya nggak bosen.

  14. Posted by Dewi Ratnasari on 28 April 2008 at 5:53 AM

    Asalamualaikum…..
    tutorial kegiatan yang sangat bagus untuk meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allah swt.
    kritik:
    1. untuk panitianya seharusnya jadwal tutorial lebih jelas waktu dan tempatnya, agar qt tdk bingung.
    2. materi tutorial harus dibikin lebih mearik lagi agar tdk ngantuk.
    3. pematerinya jangan terlalu serius dalam menyampaikan materi sebaiknya ada simulasi2 agar tambah smgt. ok
    ~ terima kasih ma’af yaah ~

  15. Posted by Yasinta ayu ningsih, 1 E, 0702314 on 28 April 2008 at 6:08 AM

    Assalammualaikum….
    promram tutorial menurut saya sangat bagus,dapat meningkatkan pemahaman lebih banyak mengenai islan apalagi mentoringnya..oks BWangetssss. n al kuliah dzhur
    klo bisa pematerinya ada humor2nya biar ga ngebosenin n ngantuk gitu n yang materinya mengenai remaja islam.n maaf ya kang/te2h jadwalnya klo bisa yang jelas coz sring bkin bingung tempat n waktunya. n tuk panitia klo bisa lebih kompak. n doain yaach supaya saya bisa memahami islam n melaksanakan aturan2 islam dgn baik.amiiin..mkasih.

  16. NIM : 0702120
    Kelas : 1B

    Komentar : “Tutorial Baik dan terus maju pantang mundur”

    Saran : “Tutorial lebih kreatif lagi dong dari mentornya agar tidak BT”

  17. Posted by RINI 0702118 1b on 28 April 2008 at 1:54 PM

    assalamualaikum wr.wb
    Program tutorial ini bagus,tp alangkah lebih bagus jika para pementor nya jangan terlalu jutek dan juga jangan terlalu lama atuh, biar ga bosen.

  18. Posted by Desvina Amalia on 27 November 2008 at 3:56 AM

    Dengan diadakannnya kegiatan tutorial bagus sekali bagi setiap muslim dan dapat menentramkan hati dengan diisi ceramah maupun yang lainnya, karena dapat menambah wawasan juga khususnya mahasiswa upi tingkat 1,dan kalau bisa ditambah waktu belajar tajwid y

  19. m.haris 1B
    assalamu’alaikum wr.wb.
    tutorial upi purwakarta mata kuliah yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa tingkat 1. tutorial upi purwakarta sebagai media untuk menanamkan rasa cinta kepada sang pencipta Allah SWT. sebagai media untuk lebih mendalami agama islam, untuk lebih mngetahui siapa kita,apa kedudukan kita, kewajiban kita dan lain-lain. saya sebagai tingkat 1 tidak keberatatan dengan jadwal yang diberikan oleh pengurus tutorial, tetapi pengurus juga harus memperhatikan hak kami sebagai tingkat 1. kegiatan mentoringnya juga mesti ada variasi nya biar tidak BT. setiap kegiatannya cukup menarik perhatian tingkat 1 nya. mudah-mudahan tutorial ini dapat dijadikan media untuk lebih mendalami islam secara keseluruhan.
    pesannya, perhatikan selalu kondisi tingkat 1 nya. makacih….
    wassalamu’alaikum wr.wb.

  20. nama : Rizka Mardiyanto
    kelas : 1A
    nim : 0808991

    Assalammualaikum wr.wb

    komentar:

    HMMMM…. apa yua yang mau di komentarin?? Jujur, aku jarang banget ikutan tutorial apalagi tutor kuliah dhuha, sekali lagi maaf yua karena udah jarang n hampir gak pernah ikutan, bukan karena saya malez atau jauh, akan tetapi dikarenakan saya mesti kerja pada hari tersebut, kuliah saya juga jadi jarang masuk nech!! huuffhhh… yaa, mau bagaimana lagi, saya kerja kan buat menambah uang jajan dan meringankan beban si EMAK!! (soalnya kalo dibilang gak ngerepotin si EMAK bohong banget tah,, soalnya masih ngarepotkeun ceh.. hhuufffhh) saya berharap pengertian dan kebijakan akang2 pengurus tutor terhadap orang2 sok sibuk seperti saya dan yang lainnya!! secara keseluruhan sech acara tutor (kuliah zuhur) menari n lucu yua,.. apalagi ada slide2 gambar geto, menarik dah pokonya!! tetap pertahankan yua!1 jangan sampe acara tutor jadi GAZEBO ( GA ZELAS BHO!!) WAKAAKA kidding.. piizzz!! tetap semangat dalam membimbing kami, jadilah contoh teladan bagi kami.. dan satu lagi…
    KESEMPURNAAN HANYA MILIK ALLAH S.W.T DAN KEKURANGAN HANYA ADA PADA DIRI KITA..
    TETAP.. DI TUTOR SHOW… SHOW… SHOW…

  21. Posted by hoer nursidik IA on 30 November 2008 at 4:42 AM

    ass.wr.wb
    Tutorial merupakan kegiatan yang sangat bagus karena program ini dapat menambah wawasan tentang keislaman,apalagi di jaman sekarang orang tidak tertarik dengan islam untuk itulah dengan adanya tutorial mudah2han mahasiswa upi bisa menjadi pemimpin yang berakhlakul karimah.kepada pengurus tutor untuk lebih disiplin dan menyiapkan acara yang lebih menarik

  22. Posted by Agum Guniyafauzi 1b on 30 November 2008 at 4:53 AM

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Komentar saya untuk kegiatan tutor ini secara keseluruhan adalah bagus dan baik, karena secara esensi materi yang disampaikan adalah tentang pengetahuan keIslaman yang mana merupakan kebutuhan kita semua selaku umat Muslim. Namun, adapun sedikit usulan dari saya untuk kegiatan ini tentang proses kegiatan yang dilakukan baik secara waktu, proses, dan juga materi yang disampaikan. Saya pribadi berharap untuk ke depannya, kegiatan Tutor ini dapat disampaikan dan dikemas dengan lebih menarik lagi sehingga tidak menimbulkan rasa bosan dan jenuh. Serta bagi para pengurus, saya harap dapat lebih meningkatkan kedisiplinan lagi, jangan sampai ada mentor yang tidak hadir dan membuat para peserta menjadi bingung untuk melakukan apa pada saat mentoring.

  23. Posted by hoer nursidik IA on 30 November 2008 at 5:10 AM

    nama :hoer nursidik IA
    nim :0801720
    perihal:tugas artikel islam
    KEUTAMAAN 10 HARI YANG PERTAMA BULAN DZUL HIJJAH

    Diriwayatkan oleh Al-Bukhari, Rahimahullah, dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘Anhuma bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
    Artinya :
    “Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu : Sepuluh hari dari bulan Dzul Hijjah. Mereka bertanya : Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah ?. Beliau menjawab : Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun”.

    Imam Ahmad, Rahimahullah, meriwayatkan dari Umar Radhiyallahu ‘Anhuma, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
    Artinya :
    “Tidak ada hari yang paling agung dan amat dicintai Allah untuk berbuat kebajikan di dalamnya daripada sepuluh hari (Dzul Hijjah) ini. Maka perbanyaklah pada saat itu tahlil, takbir dan tahmid”.

    MACAM-MACAM AMALAN YANG DISYARIATKAN

    1. Melaksanakan Ibadah Haji dan Umrah

    Amal ini adalah amal yang paling utama, berdasarkan berbagai hadits shahih yang menunjukkan keutamaannya, antara lain : sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam :
    Artinya :
    “Dari umrah ke umrah adalah tebusan (dosa-dosa yang dikerjakan) di antara keduanya, dan haji yang mabrur balasannya tiada lain adalah Surga”.

    2. Berpuasa selama hari-hari tersebut, atau pada sebagiannya, terutama pada hari Arafah

    Tidak disangsikan lagi bahwa puasa adalah jenis amalan yang paling utama, dan yang dipilih Allah untuk diri-Nya. Disebutkan dalam hadist Qudsi :
    Artinya :
    “Puasa ini adalah untuk-Ku, dan Aku lah yang akan membalasnya. Sungguh dia telah meninggalkan syahwat, makanan dan minumannya semata-mata karena Aku”.

    Diriwayatkan dari Abu Said Al-Khudri, Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
    Artinya :
    “Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah melainkan Allah pasti menjauhkan dirinya dengan puasanya itu dari api neraka selama tujuh puluh tahun”. (Hadits Muttafaq ‘Alaih).

    Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Qatadah Rahimahullah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
    Artinya :
    “Berpuasa pada hari Arafah karena mengharap pahala dari Allah melebur dosa-dosa setahun sebelum dan sesudahnya”.

    3. Takbir dan Dzikir pada Hari-hari Tersebut

    Sebagaimana firman Allah Ta’ala.
    Artinya :
    “…. dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari-hari yang telah ditentukan …”.
    (Al-Hajj : 28).

    Para ahli tafsir menafsirkannya dengan sepuluh hari dari bulan Dzul Hijjah. Karena itu, para ulama menganjurkan untuk memperbanyak dzikir pada hari-hari tersebut, berdasarkan hadits dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘Anhuma.
    Artinya :
    “Maka perbanyaklah pada hari-hari itu tahlil, takbir dan tahmid”. (Hadits Riwayat Ahmad).

    Imam Bukhari Rahimahullah menuturkan bahwa Ibnu Umar dan Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhum keluar ke pasar pada sepuluh hari tersebut seraya mengumandangkan takbir lalu orang-orang pun mengikuti takbirnya. Dan Ishaq, Rahimahullah, meriwayatkan dari fuqaha’, tabiin bahwa pada hari-hari ini mengucapkan :

    “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa Ilaha Ilallah, wa-Allahu Akbar, Allahu Akbar wa Lillahil Hamdu”

    Artinya :
    “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Tidak ada Ilah (Sembahan) Yang Haq selain Allah. Dan Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji hanya bagi Allah”.

    Dianjurkan untuk mengeraskan suara dalam bertakbir ketika berada di pasar, rumah, jalan, masjid dan lain-lainnya. Sebagaimana firman Allah.
    Artinya :
    “Dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu …”.
    (Al-Baqarah : 185)

    Tidak dibolehkan mengumandangkan takbir bersama-sama, yaitu dengan berkumpul pada suatu majlis dan mengucapkannya dengan satu suara (koor). Hal ini tidak pernah dilakukan oleh para Salaf. Yang menurut sunnah adalah masing-masing orang bertakbir sendiri-sendiri. Ini berlaku pada semua dzikir dan do’a, kecuali karena tidak mengerti sehingga ia harus belajar dengan mengikuti orang lain.

    Dan diperbolehkan berdzikir dengan yang mudah-mudah. Seperti : takbir, tasbih dan do’a-do’a lainnya yang disyariatkan.

    4. Taubat serta Meninggalkan Segala Maksiat dan Dosa

    Sehingga akan mendapatkan ampunan dan rahmat. Maksiat adalah penyebab terjauhkan dan terusirnya hamba dari Allah, dan keta’atan adalah penyebab dekat dan cinta kasih Allah kepadanya.

    Disebutkan dalam hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.
    Artinya :
    “Sesungguhnya Allah itu cemburu, dan kecemburuan Allah itu manakala seorang hamba melakukan apa yang diharamkan Allah terhadapnya” (Hadits Muttafaq ‘Alaihi).

    5. Banyak Beramal Shalih

    Berupa ibadah sunat seperti : shalat, sedekah, jihad, membaca Al-Qur’an, amar ma’ruf nahi munkar dan lain sebagainya. Sebab amalan-amalan tersebut pada hari itu dilipatgandakan pahalanya. Bahkan amal ibadah yang tidak utama bila dilakukan pada hari itu akan menjadi lebih utama dan dicintai Allah daripada amal ibadah pada hari lainnya meskipun merupakan amal ibadah yang utama, sekalipun jihad yang merupakan amal ibadah yang amat utama, kecuali jihad orang yang tidak kembali dengan harta dan jiwanya.

    6. Disyariatkan pada Hari-hari itu Takbir Muthlaq

    Yaitu pada setiap saat, siang ataupun malam sampai shalat Ied. Dan disyariatkan pula takbir muqayyad, yaitu yang dilakukan setiap selesai shalat fardhu yang dilaksanakan dengan berjama’ah ; bagi selain jama’ah haji dimulai dari sejak Zhuhur hari raya Qurban terus berlangsung hingga shalat Ashar pada hari Tasyriq.

    7. Berkurban pada Hari Raya Qurban dan Hari-hari Tasyriq

    Hal ini adalah sunnah Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam, yakni ketika Allah Ta’ala menebus putranya dengan sembelihan yang agung. Diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
    Artinya :
    “Berkurban dengan menyembelih dua ekor domba jantan berwarna putih dan bertanduk. Beliau sendiri yang menyembelihnya dengan menyebut nama Allah dan bertakbir, serta meletakkan kaki beliau di sisi tubuh domba itu”. (Muttafaq ‘Alaihi).

    8. Dilarang Mencabut atau Memotong Rambut dan Kuku bagi orang yang hendak Berkurban

    Diriwayatkan oleh Muslim dan lainnya, dari Ummu Salamah Radhiyallhu ‘Anha bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.
    Artinya :
    “Jika kamu melihat hilal bulan Dzul Hijjah dan salah seorang di antara kamu ingin berkurban, maka hendaklah ia menahan diri dari (memotong) rambut dan kukunya”.

    Dalam riwayat lain : “Maka janganlah ia mengambil sesuatu dari rambut atau kukunya sehingga ia berkurban”.

    Hal ini, mungkin, untuk menyerupai orang yang menunaikan ibadah haji yang menuntun hewan kurbannya.
    Firman Allah.
    Artinya :
    ” ….. dan jangan kamu mencukur (rambut) kepalamu, sebelum kurban sampai di tempat penyembelihan…”.
    (Al-Baqarah : 196)

    Larangan ini, menurut zhahirnya, hanya dikhususkan bagi orang yang berkurban saja, tidak termasuk istri dan anak-anaknya, kecuali jika masing-masing dari mereka berkurban. Dan diperbolehkan membasahi rambut serta menggosoknya, meskipun terdapat beberapa rambutnya yang rontok.

    9. Melaksanakan Shalat Iedul Adha dan mendengarkan Khutbahnya

    Setiap muslim hendaknya memahami hikmah disyariatkannya hari raya ini. Hari ini adalah hari bersyukur dan beramal kebajikan. Maka janganlah dijadikan sebagai hari keangkuhan dan kesombongan ; janganlah dijadikan kesempatan bermaksiat dan bergelimang dalam kemungkaran seperti ; nyanyi-nyanyian, main judi, mabuk-mabukan dan sejenisnya. Hal mana akan menyebabkan terhapusnya amal kebajikan yang dilakukan selama sepuluh hari.

    10. Selain hal-hal yang telah disebutkan diatas

    Hendaknya setiap muslim dan muslimah mengisi hari-hari ini dengan melakukan ketaatan, dzikir dan syukur kepada Allah, melaksanakan segala kewajiban dan menjauhi segala larangan ; memanfaatkan kesempatan ini dan berusaha memperoleh kemurahan Allah agar mendapat ridha-Nya.

    Semoga Allah melimpahkan taufik-Nya dan menunjuki kita kepada jalan yang lurus. Dan shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad, kepada keluarga dan para sahabatnya.

  24. Posted by EMIL MULYANI SALMA on 30 November 2008 at 5:55 AM

    assalamualaikum wr.wb
    kegiatan tutorial itu memang sangat bagus buat kita,karena menumbuhkan kesadaran akan pentingnya mempelajari islam lebih jauh. tetapi alangkah baiknya kalau kegiatannya itu tidak terlalu padat dan pada setiap kegiatan hendaknya ada kegiatan yang baru tidak monoton begitu begitu saja. misalnya tempat pada saat kuliah duha atau zuhur tidak dimasjid melainkan di aula misalnya.

  25. Posted by Puri Rahayu on 30 November 2008 at 7:55 AM

    Nama: Puri Rahayu
    Kelas: 1B
    NIM: 0801644

    Asssalamualaikum Wr. Wb.
    Komentar saya buat kegiatan tutorial itu acaranya bagus banget bisa nambah ilmu tentang islam lebih jauh lagi. Jadi setelah kita tau landasan apa aja yang ada tuk ngerjain semua perintah Allah SWT so kita ga’ lagi jadi manusia yang cuma ikut-ikutan. pokok’a bagus deh….
    Tapi kalo bisa jangan monoton karena jadi bosen, terus kalo bisa pemateri lebih interaktif lagi sama yang perempuan jadi ga cuma laki-laki aja yang seru sendiri. Pliss jangan ngaret kalo bikin acara..
    Thank you…

  26. Posted by Dian Supiani 1B on 1 Desember 2008 at 4:52 AM

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Tutorial merupakan suatu kegiatan pencerahan bagi keimanan kita dalam penalaman kita tentang islam, akan tetapi menurut saya alangkah lebih baik lagi jika kegiatan ini memiliki perbedaan tiap tahunnya sehingga akan tersaji lebih menarik dan tidak membosankan dan insyaallah pesertanya pun akan tambah banyak, akan tetapi secara keseluruhan menurut saya kegiatan ini sudah bagus.

  27. Posted by ratna sari dewi 1b on 1 Desember 2008 at 4:58 AM

    Nama :Ratna sari dewi
    Kelas :1B
    NIM :0805374

    Assalamualaikum wr.wb

    komentar saya tentang Tutorial ini secara keseluruhan yaitu baik dan bagus.Dalam kegiatan tutorial ini saya secara pribadi bisa mengetahui lebih jelas tentang pengetahuan islam lebih mendalam.kalau menurut saya,waktu kegiatan tutorial ini jangan terlalu padat kalau bisa seminggu sekali saja setiap hari minggu.

  28. Posted by emil mulyani salma 1b on 1 Desember 2008 at 4:59 AM

    kegiatan tutorial ini memang sangat bermanfaat bagi kita semua karena menumbuhkan kesadaran diri akan pentingnya mempelajari agama islam. sedikit saran agar kegiatannya jangan terlalu padat dan agar kegiatan kegiatannya bervariasi.

  29. Posted by cucu pebriani 1B on 1 Desember 2008 at 5:07 AM

    Assalamualaikum wr.wb.
    menurut saya, tutorial adalah kegiatan yang sangat bagus, karena kegiatan ini memberikan pengetahuan tentang islam. selain itu kegiatan ini juga dapat membantu menambah pengetahuan keislaman seseorang, yang belum tentu didapatkan ditingkat pendidikan sebelumnya. Akan tetapi terkadang kegiatan ini terasa membosankan, sebaiknya para pengurus berusaha mengemas kegiatan tutorial ini dengan lebih menarik sehingga menjadi lebih semangat lagi dalam mengikutinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: